Blog Widget by LinkWithin

WALI SONGO

Posted by ﻨﺠﺠﻪ ﻴوﺴوﻑ | 4:48 PM | 0 comments »

WALISONGO

"Walisongo" berarti sembilan orang wali. Mereka adalah :

Maulana Malik Ibrahim, (bersaudara dengan Maulana Ishak, ulama terkenal di Samudra Pasai, sekaligus ayah dari Sunan Giri).
MAULANA MALIK IBRAHIM

Dikenali juga Makdum Ibrahim As-Samarkandy atau Syekh Magribi atau Kakek Bantal.
Ibrahim dan Ishak adalah anak ulama Persia, Maulana Jumadil Kubro, yang menetap di Samarkand diyakini keturunan ke-10 Syayidina Husein, cucu Nabi Muhammad saw.
mengajarkan cara-cara baru bercocok tanam. Ia merangkul masyarakat bawah -kasta yang disisihkan dalam Hindu.
tahun 1419 M Maulana Malik Ibrahim wafat. Makamnya kini terdapat di kampung Gapura, Gresik, Jawa Timur.

Sunan Ampel, (Sunan Ampel anak Maulana Malik Ibrahim)
SUNAN AMPEL

Nama asalnya Raden Rahmat, Ampel Ampel Denta adalah nama daerah wilayah yang kini menjadi bahagian dari Surabaya (kota Wonokromo sekarang).
MASJID SUNAN AMPEL

Sunan Ampel menganut fikih mahzab Hanafi. Ia hanya memberikan pengajaran sederhana yang menekankan pada penanaman akidah dan ibadah.
MAKAM SUNAN AMPEL. .

SAYA PERNAH MENZIARAH MAKAM BELIAU BERSAMA KAKAK & FAMILY KETIKA BERKUNJUNG KE SURABAYA.
Sunan Ampel wafat pada tahun 1481M di Demak dan dimakamkan di sebelah barat Masjid Ampel, Surabaya.

Sunan Giri, (anak saudara Maulana Malik Ibrahim, sepupu Sunan Ampel)
SUNAN GIRI

Sunan Giri yang lugas dalam fikih
MAKAM SUNAN GIRI


Sunan Bonang, (Sunan Bonang adalah anak Sunan Ampel)
Namanya Raden Makdum Ibrahim
SUNAN BONANG

ajaran Sunan Bonang memadukan ajaran ahlussunnah bergaya tasawuf dan garis salaf ortodoks. Ia menguasai ilmu fikih, usuludin, tasawuf, seni, sastra dan arsitektur.Ajaran Sunan Bonang berintikan pada filsafat 'cinta'('isyq). Menurut Bonang, cinta sama dengan iman, pengetahuan intuitif (makrifat) dan kepatuhan kepada Allah SWT atau haq al yaqqin. Ajaran tersebut disampaikannya secara populer melalui media kesenian yang disukai masyarakat.
MASJID SUNAN BONANG

MAKAM SUNAN BONANG

Di Pulau inilah, pada 1525 M ia meninggal. Dimakamkan di Tuban, di sebelah barat Masjid Agung. Setelah cukup dewasa, ia berkelana untuk berdakwah di berbagai pelosok Pulau Jawa. Mula-mula ia berdakwah di Kediri, yang mayoritas masyarakatnya beragama Hindu. Di sana ia mendirikan Masjid Sangkal Daha. Ia kemudian menetap di Bonang -desa kecil di Lasem, Jawa Tengah -sekitar 15 kilometer timur kota Rembang. Gubahannya ketika itu memiliki nuansa dzikir yang mendorong kecintaan pada kehidupan transedental (alam malakut). Tembang "Tombo Ati" adalah salah satu karya Sunan Bonang.

Sunan Dradjad, (Sunan Drajad adalah anak Sunan Ampel)
SUNAN DRAJAT

MUSHOLLA SUNAN DRAJAT


Sunan Kalijaga, (Sunan Kalijaga merupakan sahabat sekaligus murid Sunan Bonang)
Nama asal Raden Said, juga dikenali Lokajaya,Syekh Malaya, Pangeran Tuban atau Raden Abdurrahman.
SUNAN KALIJAGA

Nama Kalijaga berasal dari dusun Kalijaga di Cirebon
MASJID SUNAN KALJAGA

Sebagian besar adipati di Jawa memeluk Islam melalui Sunan Kalijaga. Sunan Kalijaga dimakamkan di Kadilangu -selatan Demak
MAKAM SUNAN KALIJAGA


Sunan Kudus, (Sunan Kudus murid Sunan Kalijaga)
Namanya Jaffar Shadiq, putera pasangan Sunan Ngudung dan Syarifah (adik Sunan Bonang).
SUNAN KUDUS

MASJID SUNAN KUDUS

Suatu waktu, ia memancing masyarakat untuk pergi ke masjid mendengarkan tabligh-nya. Untuk itu, ia sengaja menambatkan sapinya yang diberi nama Kebo Gumarang di halaman masjid. Orang-orang Hindu yang mengagungkan sapi, menjadi simpati. Apalagi setelah mereka mendengar penjelasan Sunan Kudus tentang surat Al Baqarah yang berarti "sapi betina". Sampai sekarang, sebagian masyarakat tradisional Kudus, masih menolak untuk menyembelih sapi.Sunan Kudus juga menggubah cerita-cerita ketauhidan. Kisah tersebut disusunnya secara berseri, sehingga masyarakat tertarik untuk mengikuti kelanjutannya. Sebuah pendekatan yang tampaknya mengadopsi cerita 1001 malam dari masa kekhalifahan Abbasiyah. Dengan begitulah Sunan Kudus mengikat masyarakatnya.

Sunan Muria, (Sunan Muria anak Sunan Kalijaga)
SUNAN MURIA

Ia putera Dewi Saroh adik kandung Sunan Giri sekaligus anak Syekh Maulana Ishak, dengan Sunan Kalijaga. Nama kecilnya adalah Raden Prawoto.
Nama Muria diambil dari tempat tinggal terakhirnya di lereng Gunung Muria, 18 kilometer ke utara kota Kudus.
MAKAM KELUARGA SUNAN MURIA

Sunan Muria lebih suka tinggal di daerah sangat terpencil dan jauh dari pusat kota untuk menyebarkan agama Islam. Bergaul dengan rakyat jelata, sambil mengajarkan keterampilan-keterampilan bercocok tanam, berdagang dan melaut adalah kesukaannya.

Sunan Gunung Jati (Sunan Gunung Jati adalah sahabat para Sunan lain, kecuali Maulana Malik Ibrahim yang lebih dahulu meninggal)
Namanya Syarif Hidayatullah, ayahnya adalah Sultan Syarif Abdullah Maulana Huda, pembesar Mesir keturunan Bani Hasyim dari Palestin.
SUNAN GUNUNG JATI

Sunan Gunung Jati adalah satu-satunya "wali songo" yang memimpin pemerintahan. mendekati rakyat dengan membangun infrastruktur berupa jalan-jalan yang menghubungkan antar wilayah.
MAKAM SUNAN GUNUNG JATI

Sunan Gunung Jati wafat dalam usia 120 tahun, di Cirebon (dulu Carbon). Ia dimakamkan di daerah Gunung Sembung, Gunung Jati,

Era Walisongo adalah era berakhirnya dominasi Hindu-Budha dalam budaya Nusantara untuk digantikan dengan kebudayaan Islam. Mereka adalah simbol penyebaran Islam di Indonesia. Khususnya di Jawa. Tentu banyak tokoh lain yang juga berperan. Namun peranan mereka yang sangat besar dalam mendirikan Kerajaan Islam di Jawa, juga

0 comments

Post a Comment